SMPIT DAR EL-IMAN

Selamat Datang di Portal Sekolah

Muliakanlah Guru Anakmu !



Muhammad Abdul Hafidz As Suwaid dalam kitabnya Manhaj Tarbiyah Nabawiyah Lit Tifl menukil dari Fathul Bari hal 19  sebuah kisah menakjubkan sebagai berikut:

Ketika Hamad anak Imam Abu Hanifah bisa hafal Al Fatihah maka Imam Abu Hanifah memberi imbalan kepada gurunya 100 dirham.

Padahal waktu itu 1 dirham bisa untuk memberi seekor domba. Kalau dibelikan semua akan dapat 100 domba. Kalau harga domba sekarang termurah 1 jt maka lebih kurang 100 jt.

Sang Guru merasa imbalannya terlalu besar. Maka Imam Abu Hanifah berkata,"Jangan engkau anggap remeh apa yang engkau ajarkan kepada anakku. Seandainya saja aku memiliki uang lebih banyak lagi niscaya aku akan memberikan kepadamu sebagai bentuk pengagungan terhadap ilmu/Al Qur'an".

Faedah dari kisah tersebut adalah :
1. Memuliakan ilmu dan guru tanda keagungan dan kemuliaan. Walaupun Abu Hanifah seorang ulama besar, tetapi beliau tetap memuliakan guru anaknya. Itu tidak mengurangi kedudukan dan merendahkan martabatnya namun malah meneguhkan kedudukannya sebagai ulama besar.
2. Jangan pernah merasa telah membayar jasa guru anakmu dengan membayar SPP anakmu.

Ilmu dan guru itu tak kan pernah bisa terbayarkan. Oleh karena itu, Jangan pernah memandang rendah atau remeh guru anak-anakmu, karena itu menunjukkan kerendahan akhlak dan kebodohan.

Prihatin sekali banyaknya kasus orang tua yang memarahi guru, melaporkan ke polisi, bentak-bentak guru, menampar guru. Inilah akhlak biadab, yang diwariskan Syaiton.

*Hanya orang tua yang tahu kedudukan ilmu dan guru yang berakhlak seperti Imam Abu Hanifah...*

Semoga mencerahkan.

Batam, 13 Maret 2020
By. Yusuf Iskandar
Share this post :

+ komentar + 2 komentar

Posting Komentar

Penerimaan Peserta Didik Baru

Penerimaan Peserta Didik Baru
KLIK GAMBAR
 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. SMP ISLAM TERPADU DAR EL IMAN - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger