Selamat Datang di Portal Sekolah

KAMI TELAH BERBUAT SEBELUM YANG LAIN MEMIKIRKAN (Menjawab keraguan tentang Full Day School)


Bismillah...
Menurut etimologi, kata full day school berasal dari Bahasa Inggris. Terdiri dari kata full mengandung arti penuh, dan day artinya hari. Maka full day mengandung arti sehari penuh. Full day juga berarti hari sibuk. Sedangkan school artinya sekolah. Jadi, arti dari full day school jika dilihat dari segi etimologinya berarti sekolah atau kegiatan belajar yang dilakukan sehari penuh.

Sedangkan menurut terminologi atau arti secara luas, Full day school mengandung arti system pendidikan yang menerapkan pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar sehari penuh dengan memadukan system pengajaran yang intensif yakni dengan menambah jam pelajaran untuk pendalaman materi pelajaran serta pengembangan diri dan kreatifitas. pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah mulai pagi hingga sore hari, secara rutin sesuai dengan program pada tiap jenjang pendidikannya. Dalam full day school, lembaga bebas mengatur jadwal mata pelajaran sendiri dengan tetap mengacu pada standar nasional alokasi waktu sebagai standar minimal dan sesuai bobot mata pelajaran, ditambah dengan model-model pendalamannya. Jadi yang terpenting dalam full day school adalah pengaturan jadwal mata pelajaran.
Kami menjawab keraguan akan Full day school dengan meminjam Slogan salah satu perusahaan besar di kota padang “Kami telah berbuat sebelum yang lain memikirkan”, yaa… kami telah melakukannya… dan sangat merasakan manfaatnya…

Dengan full day school berarti memberikan kesempatan belajar siswa lebih banyak, waktu yang terarah. Siswa masuk pagi sampai sore dengan bimbingan dan arahan guru. Guru pun bebas mengatur waktu agar lebih kondusif dengan pendidikan berkarakter, orang tua siswa terutama yang bapak-ibunya sibuk berkarier di kantor dan baru bisa pulang menjelang maghrib mereka lega karena anaknya ada di sekolah sepanjang hari dan berada dalam pengawasan guru. Efek positif bahwa anak-anak akan lebih banyak belajar dari pada bermain, maka akan lebih banyak waktu keterlibatan dalam kelas yang bermuara pada produktivitas yang tinggi, juga lebih mungkin dekat dengan guru, dan siswa juga menunjukkan sikap yang lebih positif, terhindar dari penyimpangan-penyimpangan karena seharian berada di kelas dan dalam pengawasan guru. Apalagi jika proses pembelajaran dilaksanakan dengan keterpaduan.. Keterpaduan dengan agama, yang setiap mata pelajaran tidak terlepas dari agama yang selama ini kurang di dalam Dunia Pendidikan kita.
Sedikitnya Muatan pelajaran berbasis karakter atau muatan agama menyebabkan munculnya generasi-generasi yang materialistic, generasi yang berorientasi dunia dan mengabaikan akhirat.. kemunculan generasi anak jalanan, kriminalitas meningkat, koruptor semakin merajalela, narkoba dengan nyaman menggerogoti anak muda. Fenomena seperti ini harus kita antisipasi mulai sekarang dengan memberikan pembinaan karakter dan agama pada anak- anak kita.

Kalau kita lihat sistem pendidikan full day school memiliki relevansi dengan pendidikan terpadu. Pendidikan terpadu ini banyak diterapkan dalam lembaga pendidikan umum yang berlabel Islam. Dalam konteks pendidikan Islam, pendidikan terpadu artinya memadukan ilmu umum dengan ilmu agama secara seimbang dan terpadu. Model pendidikan terpadu ini menjadi alternative penghapusan bentuk dikotomi pendidikan ke dalam pendidikan umum dan pendidikan agama.
Secara utuh dapat dilihat bahwa pelaksanaan system pendidikan full day school dan terpadu mengarah pada beberapa tujuan ,antara lain:
a. Untuk memberikan pengayaan dan pendalaman materi pelajaran yang telah ditetapkan oleh diknas sesuai jenjang pendidikan
b. Memberikan pengayaan pengalaman melalui pembiasaan-pembiasaan hidup yang baik untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
c. Melakukan pembinaan kejiwaan, mental dan moral peserta didik disamping mengasah otak agar terjadi keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani sehingga terbentuk kepribadian yang utuh.
d. Pembinaan spiritual Intelegence peserta didik melalui penambahan materi-materi agama dan kegiatan keagamaan sebagai dasar dalam bersikap dan berperilaku

Dalam prosesnya sistem pembelajaran fullday school dan terpadu berlangsung secara aktif, kreatif, tranformatif sekaligus intensif, namun dikemas dengan system yang relaks dengan jadwal yang tidak membosankan, yang dimaksud full day school bukan dalam artian anak belajar di belakang meja mendengarkan ceramah guru dari pagi sampai sore.. tidak.. bukan seperti itu… akan tetapi mereka mempunyai kesempatan belajar yang banyak karena ditambah dengan pendidikan karakter atau agama, istirahat yang berkualitas, bermain di bawah bimbingan guru dan system yang terarah. Sehingga tidak kita temui anak yang bosan di sekolah.. yang takut ke sekolah… yang stress dalam belajar.. akan tetapi yang akan kita temui di full day school adalah anak yang bahagia di waktu belajar bersama teman-temannya.
Hadirnya pendidikan terpadu dengan sistem full day school merupakan solusi yang tepat untuk menjembatani keseimbangan antara pengetahuan umum yang seringkali diidentikkan dengan penyelenggaraan pendidikan kognitif, yang digandengkan dengan pendidikan agama secara seimbang, sehingga terwujudlah anak-anak Indonesia yang pintar dan berkarakter, yang menguasai bidang ilmu dan juga dekat dengan agama mereka..
Semoga Allah senantiasa meridhoi dan memberikan kemudahan kepada kita semua dalam mendidik generasi bangsa kita ini, sehingga terwujud generasi yang baik di masa depannya.. barokallahufiikum
wallahua’lam bisshowab…
Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

PAPAN PENGUMUMAN
Pendaftaran Online TA 2019-2020 (klik Gambar)
 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. SMP ISLAM TERPADU DAR EL IMAN - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger